Minggu, 31 Desember 2017

Booster Brolly, Payung Pemancar Sinyal Bertenaga Surya

Turunnya hujan sering kali membuat kita terasa malas untuk melakukan kegiatan di luar. Belum lagi masalah penerimaan komunikasi telepon seluler yang sering mengalami gangguan. Tapi kini Vodafone memberikan sebuah solusi jitu yang praktis: Booster Brolly. 
 
 
Dari arti namanya saja kita sudah tahu kalau perangkat yang satu ini berbentuk payung dan bisa berfungsi sebagai pemancar sinyal. Tak hanya itu, Booster Brolly juga bisa digunakan untuk men-charge telepon seluler kita di mana pun kita berada.
 
Alat ini didesain untuk perusahaan telekomunikasi Vodafone oleh tim mahasiswa PhD dari University College London pimpinan Dr. Kenneth Tong. Dosen di bidang teknologi antena dan microwave ini menyebut benda ciptaannya, "sebuah payung James Bond" karena orang tidak bisa tahu kecanggihan yang sebenarnya dari Booster Brolly. Secara sekilas, alat ini memang seperti sebuah payung pada umumnya.

Untuk memberikan solusi atas kebutuhan men-charge telepon seluler sewaktu-waktu, Booster Brolly menggunakan sebuah teknik di mana 12 panel solar dilekatkan pada bagian kanopi payung. Panel bertenaga 12x2 volt mengubah energi matahari menjadi energi listrik yang nantinya disimpan dalam sebuah baterai yang terdapat di dalam pegangan payung. Baterai ini bisa dikoneksikan dengan telepon seluler atau alat elektronik lainnya melalui USB kapan pun dibutuhkan. Perusahaan pengembang alat ini menyatakan proses pengisian baterai sebuahsmartphone hanya memakan waktu kurang dari tiga jam. Energi yang masih ada bisa dipakai untuk menyalakan lampu LED yang juga terdapat di dalam pegangan payung.

Sementara untuk masalah jangkauan jaringan yang tidak stabil, Booster Brolly mengombinasikan antena berjenis high-gain dan repeater (penguat) sinyal bertenaga rendah untuk mengumpulkan gelombang radio dari transmiter telepon seluler terdekat. Semua ini lalu menghasilkan sebuah pancaran sinyal di atas kepala si pemakai sehingga memungkinkan si pemakai dan orang-orang di sekitarnya untuk mengoneksi jaringan. Meski dibebani teknologi-teknologi tambahan ini, Booster Brolly hanya seberat 800 gram.

Prototipe Vodafone Booster Brolly ini baru direncanakan akan diuji coba pada Festival Isle of Wight 2012 pada akhir Juni ini.
Load disqus comments

0 comments