Minggu, 31 Desember 2017

Jual Ponsel Bekas Sekarang Bisa di ATM

Apakah Anda termasuk orang yang suka menyimpan ponsel atau perangkat elektronik seperti mp3 player bekas di rumah hingga menumpuk jumlahnya? Untuk menjualnya, Anda mungkin merasa enggan karena tidak terlalu yakin harga jualnya akan tinggi. Sekarang, Anda bisa menjualnya tanpa harus pergi ke pedagang ponsel bekas.


Inovasi terbaru dan unik bernama EcoATM tak lama lagi bahkan akan bisa menggeser eksistensi para pedagang ponsel bekas. EcoATM adalah sebuah mesin penerima ponsel bekas yang berfungsi layaknya ATM bank. Jadi dengan EcoATM, ponsel kita bisa disulap menjadi uang tunai instan.

EcoATM ini berasal dari San Diego, California, AS. Perusahaan ini mengklaim sebagai perusahaan pertama dan satu-satunya di dunia yang membuat kios pertukaran ponsel bekas dengan uang tunai untuk tujuan mulia, yaitu daur ulang. Pada dasarnya memang sebanyak 75% komponen sebuah perangkat elektronik bisa didaur ulang.

Selama masa ujicoba ini, sekitar 50 persen dari ponsel yang dikumpulkan di EcoATM dijual kembali karena kondisinya masih cukup baik, sementara 50 persen lainnya didaur ulang.

Mesin generasi pertama ini baru menerima ponsel dan mp3 player saja. Tapi kabarnya, untuk generasi keduanya akan bisa menerima Galaxy Tab dari Samsung, iPad, Kindle E-reader dari Amazon dan Nook dari Barnes & Noble. EcoATM ini saat ini baru dioperasikan di California saja dan jika bekerja dengan baik, maka selanjutnya akan segera beredar luas di seluruh daratan Amerika.

Lalu, bagaimanakah cara kerjanya? Pertama Anda perlu meletakkan ponsel Anda di tempat yang telah disediakan. Lalu, ia akan secara otomatis mengecek kondisinya dan menawarkan harga yang sesuai. Mesin yang dilengkapi dengan scanner (alat pemindai) ini juga bisa mengenali kerusakan pada ponsel Anda. Ketika ingin mendaur ulang ponsel, Anda akan diminta untuk memilih tipe ponsel Anda (database mesin ini memiliki 4.000 model ponsel yang beredar di Amerika). Kemudian, mesin akan memberikan kabel data untuk mendiagnosis kondisi ponsel, termasuk untuk memastikan apakah ponsel itu masih bisa bekerja atau tidak.

Gagasan ini sangat luar biasa dan dipastikan kehadirannya mampu meminimalisasi isi sampah elektronik di planet ini secara signifikan. Semoga mesin canggih ini juga akan bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia.
Load disqus comments

0 comments