Rabu, 03 Januari 2018

10 Jenis Buah yang Dianjurkan untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Saat berpuasa, salah satu masalah yang sering kali timbul adalah, kondisi tubuh yang kekurangan serat. Untuk itu, alangkah baiknya ketika Anda sahur dan berbuka tetap makan buah yang kaya kandungan serat dan vitamin yang baik untuk tubuh.


Berikut ini adalah 10 jenis buah yang dianjurkan untuk sahur dan berbuka puasa:

1. Kurma; 
buah yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang berbuka puasa. Dengan sangat cepat, glukosa dalam kurma yang disantap saat berbuka (atau sahur) akan berubah menjadi fruktosa, lalu langsung diserap melalui sistem pencernaan untuk menyirami tubuh dengan energi.

2. Timun Suri: 
buah yang kaya serat, vitamin, dan mineral. Serat di dalam timun suri mampu mencegah timbulnya kanker saluran pencernaan, seperti kanker usus dan kolon. Hal ini disebabkan sifat serat timun suri yang mengikat zat-zat karsinogen penyebab kanker yang ada di saluran pencernaan.

Timun suri juga kaya vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata, serta berfungsi sebagai antioksidan alami pencegah rusaknya sel tubuh penyebab penuaan dini. Vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat mencegah timbulnya gangguan penyakit flu dan infeksi. Selain itu, mineral esensial seperti kalsium, fosfor dan zat besi juga banyak terdapat di dalam timun suri.

3. Blewah: 
“Sepupu” melon ini kaya dengan vitamin A. Rasa manis yang terkandung dalam blewah mampu melakukan penyerapan pada usus, yang kadang “terganggu” akibat makan tergesa-gesa sehingga makanan tak terkunyah dengan baik. Menyantap buah ini juga membantu menyerap zat-zat tak diperlukan dari makan makanan yang banyak berbumbu, endapan obat-obatan, bahkan mengatasi rasa mual karena rasa stres.

4. Apel: 
Mengandung vitamin A, B dan C yang embantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar.

5. Jeruk
Mengandung vitamin A, B1, B2 dan C serta antikanker bagi tubuh. Jeruk juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Pisang: 
Mengandung vitamin A, B1, B2 dan C yang dapat membantu mengurangi asam lambung. Pisang cocok bagi orang yang sahur/berbuka puasa karena bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

7. Mangga: 
Banyak mengandung vitamin A, E dan C yang dapat membersihkan darah, serta dapat mengurangi dehidrasi.

8. Pepaya: 
Buah tropis satu ini mengandung vitamin C dan vitamin A yang dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan dan membuat lancar saluran pencernaan makanan.

9. Stroberi: 
Kaya akan vitamin A, vitamin B dan C serta antioksidan; bagus untuk melawan zat radikal bebas sehingga daya tahan tubuh kita tetap terjaga.

10. Belimbing
Mengandung vitamin C dan vitamin A dengan manfaat dapat membantu memperlancar pencernaan makanan, menurunkan tekanan darah, dan tingkat kolesterol dalam tubuh.

Perlu diingat: Bagi Anda yang memiliki lambung sensitif, harus hati-hati dalam memilih buah. Pastikan buah yang akan dikonsumsi benar-benar matang dan terasa manis agar kesehatan lambung tidak terganggu.
Load disqus comments

0 comments